Gulai Cumi-Cumi BerisiTahu



Cumi- cumi ,masakan yang lezat dan banyak disukai orang. Berikut salah satu jenis masakan berbahan pokok cumi - cumi dikombinasi dengan tahu

Menu ini spesial kubuat untuk bekal suami ke kantor. Masaknya mudah dan nggak pake lama.

Hal yang harus disiapkan

500 gram cumi basah

500 mL air, 100 mL santan kental atau 1 sachet santan instan

5 buah tahu putih kecil digiling atau dilembutan

seperlunya daun salam, daun sereh, buah tomat, kalau suka pedas tambahkan cabe rawit atau cabe merah

Bumbu halus:

seperlunya kunyit

seperlunya lengkuas

seperlunya jahe

seperlunya gula pasir

seperlunya garam

1/2 sdt merica

5 butir kemiri

7 siung bawang merah

5 siung bawang putih +

Tahap-tahapnya :

Tumbuk atau giling 1 siung bawang putih dengan garam juga tahu putih, sisihkan.

Cuci cumi-cumi dibersihkan sampai bersih benar, buang bagian kulit luarnya, buang bagian kantung tinta yang ada dibagian bawah kepala cumi-cumi. Kemudian Lumuri cumi dengan air jeruk nipis dan garam. Simpan lebih kurang 10 menit.

Cuci kembali cumi-cumi yang telah dilumuri air jeruk sampai benar-benar bersih. Masukkan tahu yang sudah dihaluskan ke dalam cumi-cumi, tutup dengan kepala cumi-cumi. Tusuk cumi dengan tusuk gigi agar tahu tidak keluar.

Tumis bumbu halus hingga matang, tambah tomat, daun salam dan sereh. Kemudian ditambahkan dengan air, lalu diaduk sampai mendidih. Kemudian masukkan cumi yang sudah diisi dengan tahu, tunggu sampai  kuahnya meresap dan agak menyusut. Kemudian ditambahkan santan yang sudah dipersiapkan sebelumnya, tunggu sampai mendidih betul kembali. Jangan lupa untuk dicicipi. Jika menyukai rasa pedas silahkan ditambahkan cabai secukupnya sesuai selera.