Tips Membuat Kue Bolu Gulung



Kue bolu hampir disukai semua orang dan dipergunakan dalam berbagai acara. Bolu ada bermacam-macam jenisnya, baik bolu kering maupun bolu basah. Berikut ini cara membuat kue bolu basah yaitu kue bolu kering.


1 Perhatikan komposisi atau takaran bahan membuat bolu gulung agar kue bolu yang akan kita buat hasilnya memuaskan. Untuk mendapatkan roti bolu yang lentur kadang-kadang digunakan banyak telur dengan jumlah tepung terigu lebih  sedikit 

2. Pencampuran tepung ke dalam campuran adonan telur  jangan menggunakan mikser. cukup diaduk menggunakan spatula plastik ataupun sendok kayu, jadi cara ini lebih sederahan dan tidak perlu alat yang mahal
3. Setelah loyang dioles margarin dan dialasi kertas roti jangan ditaburi tepung karena menyebabkan kulit bolu kering dan patah saat akan digulung.

4.Kue Bolu gulung sebaiknya dibuat dengan ketebalan 2 cm saat matang. Makin tebal  bolu, semakin sulit untuk menggulungnya 

5. Untuk bolu gulung kukus sebaiknya panci pengukus  mulai dipanasi saat bolu dikocok sehingga adonan sudah benar-benar panas.
6. Proses pemanggangan bolu cukup 10-20 menit karena bolu dibuat tipis tidak dibutuhkan waktu lama untuk memanggangnya. Perhatikan temperature oven saat memanggangnya.

7. Perhatikan temperatur oven saat memanggang. Jika bolu tipis (± 1cm) gunakan temperatur 200°c. Jika bolu dibuat sedikit lebih tebal (±2 cm) gunakan temperatur 180°c. 

8. Pemanggangan dilakukan sampai  permukaan bolu kuning kecoklatan (jangan terlalu coklat tua & jangan terlalu  pucat).

9. Jika bagian atas kue bolu tidak  segera mengering, angkat  saja  dari oven. Taburi permukaan  kue dengan gula  bubuk untuk mengantisipasi supaya  permukaan kue tidak menjadi  lengket dikertas saat digulung. Bolu bisa digulung saat masih hangat atau  setelah dingin.  Tetapi  kalau bahan olesan  terbuat dari butter cream, bolu baru bisa di oles dan digulung setelah dingin, 

10. Olesan selai dapat segera  dilakukan sesudah kue bolu matang dan masih panas. Olesan diatur supaya tidak melebar dan mengotori sisi luar kue bolu. Bagian kue bolu yang paling dekat dengan kita akan menjadi titik tengah gulungan, boleh dioles tebal tapi sisi yang  letaknya terjauh dengan kita yang akan menjadi pengunci gulungan, dioles tipis-tipis saja, hanya untuk melekatkan.

11. Untuk bolu gulung isi 2-3 cm dari tepi yang dengan dekat dengan kita, untuk memudahkan saat penggulungan. 

Demikianlah resep ini semoga bermanfaat untuk siapapun yang membutuhkannya.Selamat mencoba semoga sukses